Powered By Blogger

Thursday, October 18, 2012

Manajemen laboratorium Analis kesehatan



                                                                                                                                                                       
I.   Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar
1.     Manajemen laboratorium harus bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaa monitoring dan evaluasi untuk perbaikan sistem manajemen diperlukan ?
a.    Kebijakan dan prosedur untuk menjamin kerahasiaan hasillaboratorium.
b.    Struktur organisasi dan struktur manajemen laboratorium serta hubungannya dengan organisasi lain yang mempunyai kaitan dengan laboratorium tersebut.
c.    Uraian tanggung jawab, kewenangan dan hubungan kerja yang jelas dari tiap petugas
d.    Dukungan bagi semua petugas laboratorium dengan memberikan kewenangan dan sumber daya yang sesuai untuk melaksanakan tugas.
e.    Semua jawaban diatas benar

2.     Organisasi dan Tata Kerja Laboratorium kesehatan sebaiknya memperhatikan pilar-pilar organisasi untuk mencapai tujuan ?
a.    Nilai (values), struktur (stuctures), kepemimpinan (leadership), proses manajemen (management pro-cesses), informasi (information),
b.    Tata kerja dan kemitraan (procedures and partnership) kompetensi (competences),
c.    Pengawasan (controls), kinerja (performance), dan pemeriksaan bayaran (pay).
d.    Jawaban A,b,c Salah
e.    Jawaban a,b,c, Benar
3.     Tata kerja menggambarkan sistim aliran kegiatan dalam organisasi dalam hal ini laboratorium, hingga laboratorium tersebut berfungsi. Agar fungsi laboratorium tersebut produktif,diperlukan ?
a.    Prinsip tata kerja.
b.    Proses  dan alur  Kerja
c.    Deksripsi pekerjaan
d.    Jawaban A,b,c Salah
e.    Jawaban a,b,c, Benar
4.     Pemilihan personil lebih tepat didasarkan pada :
a.    Pengetahuan
b.    Pendidikan
c.    Ketrampilan
d.    Pelatihan yang pernah diikuti
e.    Kompetensi

5.    Dasar pemilihan alat laboratorium?
a.    Fasilitas yang tersedia.
b.    Kebutuhan
c.    Sisitem alat
d.    Jawaban a,b benar
e.    Jawaban a,b,c , benar

6.    Validasi metode dilakukan dengan menentukan sebagai berikut, kecuali:
a.    Presisi dan akurasi
b.    Rentang ukur
c.    linearitas
d.    kalibrasi
e.    Robustness

7.    Penggunaan standard refference material yang bersertifikat dalam pemeliharaan peralatan difungsikan untuk memenuhi  persyaratan :
a.    Presisi
b.    akurasi
c.    uncertainty
d.    ketertelusuran
e.    semua salah
8.    Kemampuan yang diperlukan manajer/ Pemimpin laboratorium  antara lain :
a.    Mempunyai pengetahuan tentang manusia, komunikasi, motivasi, negoasiasi, pengarahan ke bawah dan menterjemahkan kemauan atasan. (Human relation skil).
b.    Mempunyai kemampuan Administrative skill: (planning, organizing, directing, controlling).
c.    Melaksanakan tugas menurut fungsi, analisa, administrasi keuangan dan pengadaan, dll (materi kuliah manajemen laboratorium).
d.    Jawaban a,b,c Benar
e.    Jawaban b, c benar

9.     Sikap pada saat bertemu dengan konsumen/orang lain pertama kali ....
a.      Acuh tak acuh
b.     Tidak menghiraukan teguran orang lain
c.      Member perhatian lebih pada orang lain yang kita kenal
d.     Tamu adalah raja, orang yang berhubungan dengan kita juga tamu dan tanpa mereka kita tidak kerja
e.      Tidak memberikan sapa dalam pelayanan

10.   Etika dalam berbicara pada konsumen yang tidak baik adalah ......
a.     Perhatikan penampilanya
b.     Perhatikan body language anda
c.      Perhatikan respon verbal dan non verbal lawan bicara
d.     Perhatikan topik pembicaraan
e.      Perhatikan situasi yang ada disekitar anda

11.  Etika yang dipakai dalam menerima telepon: .......
a.      Berbicara sambil makan
b.     Berbicara sambil ngobrol dengan ternan disamping anda
c.      Berbicara sambil mengerjakan tugas/pekerjaan
d.     Berbicara berbelit - belit dengan penelepon
e.      Berbicara sambil tersenyum akan menghasilkan suara bagus

12.  Beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih alat, ?
a.      Kebutuhan.
b.     Sistem alat .
c.      Nilai ekonomis
d.     Jawaban a,b,c  benar
e.      Jawaban  a,b, benar
13. Setiap laboratorium harus menetapkan seseorang atau kelompok yng bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pengujian  yang berkaitan dengan pemantapan mutu dan keamanan kerja harus mempertimabangkan
a.  Kualifikasi
b.  Komunikasi.
c.   Pendidikan dan pelatihan (diklat) .
d.  Bimbingan tehnis (bimtek).
e.   Jawaban diatas benar.
14. Hal yang harus diperhatikan /dipertimbangkan  untuk  alat  Mikroskop  shg memenuhi standart  kinerja alat adalah  : .....
a.      Letakkan mikroskop di tempat yang miring  dan ,tidak licin.
b.      menyentuh lensa obyektif dengan jari.
c.  Simpan mikroskop di tempat yang rendah kelembabannya, dapat dengan cara memberikan penerangan lampu wolfram atau dengan silika gel.
d.      Jawaban a,b,c benar
e.      Jawaban a,c benar

15. Hal yang harus diperhatikan /dipertimbangkan  untuk  alat  sentrifuse  shg memenuhi standart  kinerja alat adalah  : .....
  1. Hentikan segera bila beban tidak seimbang atau terdengar suara aneh
  2. Jangan mengoperasikan sentrifus dengan tutup terbuka.
  3. Jangan menggunakan sentrifus dengan kecepatan yang lebih tinggi dari keperluan.
  4. Jangan membuka tutup sentrifus sebelum sentrifus benar-benar telah berhenti
  5. Jawaban a,b,c, benar

16. Ciri - ciri citra diri positif pada pekerja .....
a.      Sulit mengakui dirinya salah
b.     Tidak tanggap terhadap kritik dan saran
c.      Sulit mengungkap perasaan secara wajar
d.     Empati terhadap orang lain
e.      Berjiwa kerdil

17.  Langkah yang tidak diperlukan dalam menghitung unit cost dalam pemeriksaan : ......
a.      Menghitung harga bahan dasar
b.     Menghitung jumlah karyawan
c.      Menghitung biaya langsung per tes
d.     Menghitung biaya tidak langsung per tes
e.      Menentukan jasa pelayanan

18.  Alur pengadaan reagen.......
a.      Depo lab. - reagen stok gudang farmasi - unit - dipakai
b.     Unit - reagen stok gudang farmasi - depo lab. - dipakai
c.      Reagen stok gudang farmasi - depo lab. - unit - dipakai
d.     Reagen stok gudang farmasi - unit - depo lab. - dipakai
e.      Unit - depo lab. - reagen stok gudang farmasi - dipakai

19.  Factor - factor yang menjadi kunci sukses jasa laboratorium, kecuali .. ,.
a.      Memperbarui jasa yang ditawarkan
b.     Tidak mengikat konsumen
c.       Melokalisasi sistim poin of service
d.     Menggunakan kekuatan informasi
e.      Menetapkan nilai strategis dari jasa bagi konsumen

20. Tujuan periklanan......
a.      Sebagai dekorasi depan ruko
b.     Memberikan informasi yang menyesatkan
c.      Memberikan janji muluk - muluk
d.     Membujuk, mengikat, memberikan informasi
e.      Memperindah tata ruang kota

21.  Faktor yang mendorong pertumbuahan bisnis jasa, kecuali .....
a.      Perubahan demografi
b.     Perubahan psikografis
c.      Perubahan sosial
d.     Perubahan perekonomian
e.      Perubahan iklim

22.  Manfaat melakukan segmentasi pasar adalah       .
a.      Menguji basis tersebut dan memilih dasar terbaik untuk segmentasi
b.     Mendisain jasa yang lebih responsif terhadap kebutuhan pasar
c.      Identifikasi dasar/basis alternatif untuk segmentasi
d.     Pendefinisian pasar yang ingin dimasuki
e.      Identifikasi pasar individu


23.  Hal yang bertujuan untuk mengembangkan produksi dan komunikasi yang efektif, kecuali .....
a.     Menyediakan jasa
b.     Mengidentifikasi audiens target
c.      Menentukan tujuan komunikasi
d.     Merancang pesan
e.      Menentukan anggaran promosi

24.  Kerugian pembuatan tarif metode konvesional adalah     
a.      Cara hitung lebih sederhana
b.     Cocok untuk perhitungan tarif di RS
c.      Unit cost belum benar sebagai nilai actual
d.     Biaya RS dapat dibebankan pada seluruh pelayanan
e.      Biaya langsung dan tak langsung dapat disesuaikan
25. Ciri citra diri negatif ialah         .
a.      Apabila janji, ditepati
b.     Tidak canggung/angker
c.      Tujuan hidup positif dan jelas
d.     Mengakui kelebihan orang lain
e.      Berjiwa kerdil

26.  Data yang tidak dibutuhkan untuk menentukan harga bahan dasar per tes adalah .
a.   Jumlah kegiatan
b.   Jumlah reagen
c.    Jumlah pelanggan
d.   Harga dasar reagen dan pendukung per kit
e.   Metode pemeriksaan

27.   Proses pencapaian tujuan dan sasaran usaha lewat upaya sekelompok orang lain......
a.  Definisi Manajemen
b.  Definisi Kepemimpinan
c.   Definisi Pemimpin
d.  Definisi Penguasa
e.  Definisi Manajer

28. Kegiatan mempengaruhi perilaku orang lain agar supaya mereka  bersedia diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu.......

a.    Definisi Manajemen
b.    Definisi Kepemimpinan
c.    Definisi Pemimpin
d.    Definisi Penguasa
e.    Definisi Manajer

29. Dalam suatu organisasi anatara manajer dan pemimpin memiliki peran yang sama sekali berbeda, peran manajemen yang menunjukkan berurusan dengan : benda-benda, struktur,sistem, dan efesiensi adalah peran......
a.    Manajer
b.    Kepemimpinan
c.    Pemimpin
d.    Penguasa
e.    Jawaban a,b,c dan d salah

30.         Dalam suatu organisasi anatara manajer dan pemimpin memiliki peran yang sama sekali berbeda, peran manajemen yang menunjukkan berurusan dengan : soal efektivitas, mengurus people, memberdayakan dan memerdekakan potensi orang adalah peran ......
a.    Manajer
b.    Kepemimpinan
c.    Pemimpin
d.    Penguasa
e.    Jawaban a,b,c dan d salah

31. Pilar kepemimpinan adalah .......
a.    Integeritas
b.    Membangun team work
c.    Memberi penghargaan
d.    Jawaban a,b,c benar
e.    Jawaban a,b,c salah
32. Kunci tindakan integritas adalah ......
a.    Menunjukan kejujuran : bekerja dengan jujur, benar menyajikan data dan informasi secara lengkap dan akurat
b.    Memenuhi komitnen : melakukan apa yang telah dijanjikan, tidak membocorkan rahasia
c.    Berperilaku secara konsisten : menunjukan tidak adanya kesenjangan antara kata dan perbuatan
d.    Jawaban a,b,c benar
e.    Jawaban a,b,c salah

33. Kemampuan yang diperlukan manajer......
a.     Conceptual skil
b.     Human relation skil
c.      Adminitrative sklil dan technical skil
d.     Jawaban a,b,c benar
e.     Jawaban a,b,c salah

34. Aspek-aspek manajemen Laboratorium Kesehatan......
a.    Manajemen Promosi dan Manajemen Pelayanan
b.    Manajemen SDM dan Sumber daya dan Manajemen Keuangan
c.    Manajemen Mutu
d.    Jawaban a,b,c benar
e.    Jawaban a,b,c salah

35. Intisari dari manjemen adalah......
a.    Pengorganisasian
b.    Pengarahan
c.    Pengendalian
d.    Jawaban a,b,c benar
e.    Jawaban a,b,c salah

36. Kondisi yang dibutuhkan dalam penciptaan pengetahuan ......
a.    Menanamkan visi pengetahuan
b.    Mengelola Percakapan dan Mengglobalisasikan pengetahuan lokal
c.    Memobilisasi aktivis pengetahuan dan menciptakan konteks yang benar
d.    Jawaban a,b,c benar
e.    Jawaban a,b,c salah

37. Sistem yang digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan dari pengelolaan sediaan/material bahan obat dan reagen bersama-sama dengan orang lain / bagian lain .....
a.    Manajemen perkantoran
b.    Manajemen persediaan
c.    Sistem Manajemen pengadaan dan persediaan
d.    Manajemen pergudangan
e.    Manajemen pembelian

38.  Ruang Lingkup meliputi Perencanaan, Pengorganisasian dan Pengendalian aktivitas yang berfokus kepada arus masuk, pemrosesan dan keluaran bahan baku dan bahan persediaan lain dalam perusahaan.......
a.    Manajemen perbekalan
b.    Manajemen persediaan
c.    Sistem Manajemen pengadaan dan persediaan
d.    Manajemen pergudangan
e.    Manajemen pembelian

39. Kegiatan mencakup : identifikasi, menerima, inpeksi, menyimpan mengeluarkan dan mencatat adalah kegiatan .......
a.    Perbekalan
b.    Persediaan
c.    Pengadaan
d.    Pergudangan
e.    Pembelian

40. Berbagai Faktor yang mendorong pertumbuhan bisnis jasa......
a.    Perubahan demografis dan psikografis
b.    Perubahan sosial dan perekonomian
c.    Perubahan politik dan hukum
d.    Jawaban a,b,c benar
e.    Jawaban a,b,c salah

41. Prasyarat pengambilan specimen agar memenuhi standart  kecuali…..
a.    Menghindari obat-obatan sebelum spesimen diambil.
b.    Memperhatikan posisi tubuh.
c.    Menghindari obat-obatan sebelum spesimen diambil
d.    Jawaban a,c benar
e.    Jawaban a,b,c benar

42.  Aspek-aspek organisasi ......
a.    Struktur organisasi
b.    Sumberdaya manusia
c.    Peranan, tanggung jawab dan hubungan kerja
d.    Sistem dan Srategi
e.    Jawaban a,b,c dan d benar

43.  Proses seleksi informasi serta penyusunan asumsi tentang masa depan untuk memformulasi aktifitas demi pencapaian tujuan dan sasaran organisasi.......
a.    Perencanaan sumberdaya
b.    Perencanan Strategis
c.    Strategic Planing
d.    Perencanaan Keuangan
e.    Perencana Pelayanan

44.  Potret masa akan datang dari organisasi, gambaran tentang apa yang akan dicapai pada saat tertentu....
a.    Tujuan Strategic planing
b.    Sasaran Strategic planing
c.    Indikator Strategic planing
d.    Jawaban a,b,c benar
e.    Jawaban a,b,c salah

45.  Proses pemantauan yang menjamin bahwa hanya jasa layanan yang memenuhi spesifikasi yang boleh diberikan kepada pelanggan.......
a.    Kegiatan pengawasan laboratorium
b.    Kegiatan pemantapan mutu
c.    Kegiatan pemeriksaan laboratorium
d.    Jawaban a,b,c benar
e.    Jawaban a,b,c salah

46.  Fungsi negosiasi
a.    Konflik membuat anggota organisasi lebih waspada dan terlatih menghadapi masalah, berubah dan beradaptasi
b.    Mempererat hubungan dan meningkatkan moral dan meningkatkan kesadaran diri baik pada diri sendiri maupun orang lain.
c.    Meningkatkan pertumbuhan pribadi, mendorong perkembangan psikologis dan konflik dapat menjadi menantang dan menyenangkan.
d.    Jawaban a,b,c benar
e.    Jawaban a,b,c salah
47.  Cara analisis kinerja pelayanan Laboratorium Kesehatan  dengan menggunakan pendekatan pengukuran : pengukuran kualitas kinerja dari provider dan pendekatan kepuasan dengan cara :......
a.    Evaluasi Eksternal
b.    Evalauasi Kepuasan pelanggan
c.    Evaluasi Internal : Transparasi, partisipasi dan akuntabilitas
d.     Jawaban b,c benar
e.    Jawaban a,b,c salah

48.  Aspek Quality Assurance meliputi..........
a.    Manusia
b.    Reagen
c.    Alat
d.    Prosedur
e.    Jawaban a,b,c dan d benar

49.  Parameter Validasi Metode .........
a.    Presisi dan Akurasi( sensitivitas dan sfesifisitas)
b.    Pemantapan Mutu
c.    Kalibrasi
d.    Akreditasi
e.    Sertifikasi

50.  Sebutkan dasar  pertimbangan  memilih bahan/reagen laboratorium yang akan dipergunakan ?
a.     Kebutuhan
b.     Produksi pabrik yang telah dikenal dan mempunyai sensitivitas dan spesifisitas yang tinggi
c.      Mempunyai masa kadaluarsa yang panjang
d.     Jawaban a,b,c,  Benar
e.     Jawaaban a,b,c salah


***** SELAMAT MENGERJAKAN *****



                                   

1 comment:

  1. Borgata Hotel Casino & Spa Jobs, Employment | JT Hub
    Search for job openings at Borgata Hotel Casino & 순천 출장마사지 Spa in New Jersey, 삼척 출장안마 United States, located 공주 출장마사지 in the 전라남도 출장마사지 USA at JT 제주 출장샵 Hub.

    ReplyDelete